Senin, 03 September 2012

PERAWATAN KENARI


Agar seekor kenari jantan dapat tampil dengan optimal dalamsuatu lomba dan memiliki kualitas suara yang bening dan mengkristal, maka burung tersebut harus mendapat perawatan yang memadai. Setiap hari seekor kenari perlu mendapat biji-bijian sebanyak 10 gram dan sayuran misalnya sawi, selada, timun, gambas atau buah-buahan apel, pisang, papaya nanas, anggur dan buah lainnya yang disukai burung. Dari hasil penelitian kami menunjukkan bahwa pemberian suplemen berupa Vitamin dan larutan Kristal serta Stamina dapat menjadikan kenari lebih rajin berkicau / gacor dengan kualitas suara yang bening, tembus / tajam dan mengkristal.

A.1. VITAMIN

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, membuat burung semakin rajin berkicau, meningkatkan produksi telur, dan memperlancar proses ganti bulu, meningkatkan kesuburan burung jantan dan betina.

Cara pemakaian vitamin :
Berikan 1 tetes vitamin dalam 15-20 ml air minum atau 1 ml vitamin dalam 1 lt air minum selama 10 hari berturut-turut setelah itu cukup diberikan 2x seminggu (missal tiap senin dan salasa ). Efek vitamin ini akan terlihat 14 hari setelah pemakaian. Suplemen ini baik juga diberikan pada kenari 2x seminggu selama ngurak atau sebelum dan sesudah ditransportasi untuk mengurangi stress akibat transportasi.

      A.2. KRISTAL

Untuk membuat kenari menjadi lebih rajin berkicau dan menambah volume suara sehingga kualitas suara menjadi bening, tajam / tembus dan mengkristal.

Cara pemakaian larutan kristal :
Berikan 2 tetes larutan kristal ke dalam 20 ml air minum atau 2 ml dalam 1 liter air minum selama 14 hari berturut-turut.
Pada umumnya efek obat ini akan terlihat 14 hari setelah pemakaian. Jika volume suara kenari sudah mnengkristal cukup diberikan 2x seminggu (Rabu dan Kamis).

A.3. STAMINA

Larutan ini dapat meningkatkan stamina atau tenaga kenari pada waktu lomba sehingga burung tidak mudah lelah pada waktu berlomba.

Cara pemakaian stamina:
Berikan 4 tetes larutan stamina ke dalam 10 ml air minum selama 3 hari berturut-turut sebelum dan pada waktu lomba (Jumat, Sabtu dan Minggu).

Jadwal pemberian suplemen untuk KENARI LOMBA :
      Senin    :  Vitamin                      Jumat      :  Stamina
      Selasa  :  Vitamin                      Sabtu       :  Stamina
      Rabu    :  Kristal                       Minggu    :  Stamina

  • diberikan hanya menjelang dan pada waktu lomba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar