Jumat, 25 Mei 2012

KELUMPUHAN PADA MB


beberapa hari ini saya kaget dg kondisi MB saya yg baru selesai dalam taraf penjinakan dan sudah mulai bersuara tiba-tiba sayapnya turun dan lumpuh separuh.kejadian ini baru saya temui sekarang ini setelah banyak kali saya piara MB dari bahan.kondisinya sekarang burung masih normal nafsu makannya dan warna daging dadanya separuh kesamping berwarna putih kearah sisi yg sayapnya lumpuh dan separuh dada yg lainnya berwarna merah normal.saya tidak tahu jenis apa kalau ini dikatakan penyakit dan sebab apa kalau ini dikatakan akibat sebab yg lain.mohon "petunjuk" kepada rekan yg pernah mengalaminya atau minimal pernah mengetahui cara penyembuahannya.
Ntah ini sama atau tidak, tapi saya dulu pernah ngalami MB tiba-tiba lumpuh/jatuh sayap....kalo MB saya dulu MB jinak banget! & kejadiannya disebabkan oleh sengatan tawon ( dugaan saya), malam..waktu mbersihin sangkar MB yg lain, tiba-tiba MB yg sudah saya krodong nglabrak, waktu saya lihat ada tawon di dalam sangkarnya...kondisi MB saat itu terlihat biasa saja, tp pagi harinya sayap MB lumpuh sebelah..., saya cuma mengoles/mengurutkan minyak pala! & alhamdulillah, akhirnya bisa normal kembali......saya simpulkan disengat tawon, krn kalo krn benturan/patah pasti terlihat memar di sayap.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar