Jumat, 29 Juni 2012

BULU KUSAM PADA MURAI BATU


Masalah dengan murai batu yg sekarang kondisi bulunya kusam (tidak mengkilap) seperti semula dikarenakan selama 2 minggu burung tsb saya titipkan kpd teman, yg ternyata setiap harinya dijemur pagi hari selama 3 jam (7.00 s/d 10) padahal tadinya saya biasa jemur 1 jam saja.Yang saya mau tanyakan apakah bulunya bisa kembali mengkilap lagi seperti semula? Mohon petunjuknya untuk para pakar. Terima kasih
cuma 2 kemungkinan- mau mabung atau kurang vitamin E dan (amino acid) buat kesehatan bulu.tp kalo alasan dijemur kuat,, itu bukan faktor utama yg menentukan kekeringan bulu burung bila burung tsb memiliki cukup gizi dan vitamin sehingga tetap mengkilap bulunya,, bisa dibantu dengan mandi yg teratur dan diberi asupan gizi yg baik,, semoga bisa mengkilap kembali atau malah mabung nantinya
Minggu yang lalu saya melihat salah satu MB saya yang sakit, tuh MB lagi Mabung dengan kondisi 80% bulunya.
Saya melihat, saat saya keluarin kondisinya:- Loyo- Bulu nyekukruk- Loncat gak bisa, diem- Sisa hidunya 30-20 %
Kemungkinan:- Lengah perawatan, perawat lagi stress he he he- Kurang asupan vitamin terutama dari EF- Kurang jemur matahari
Tindakan yg saya lakukan:1. Saya beli lampu dop 15 watt, yg saya hidupkan siang malam di dalam kamar dan saya dekatkan dengan MB tsb. Sinar ini sebagai pengganti siar matahari, dimana mengandung UV2. Saya kasih jangkrik sesuka dia mau, dan jangkriknya saya suntik vitamin B-Combion as advised Om Satrio3. Minumannya setiap pagi setelah penjemuran, saya kasih:* 1 tetes vitacart plus (Dari Om Zulham)* 1 tetes yg warna merah (Dari om Zulham juga) --> Om Willy saat ke bandara saya kasih tuh* Super N (Produk super Kicau) 4-5 tetes4. Saya jemur 1/2 jam dg sinar matahari5. Mandi stop dulu
Hasil:* Alhamdulilah, 3 hari kemudian tuh MB bisa loncat ke tangkringan dan mulai sehat.* Saat itu jangkrik saya kasih sesukanya, dan sekarang tinggal 5 pagi 5 sore + 1 cacing malam* 1 minggu kemudian, tuh MB dah 80% sehat sekali.* Saat saya tinggal, pemberian vitamin dan obat lain saya kurangi slowly, pesan kepada yg rawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar