Minggu, 06 Mei 2012

SUARA SERAK PADA MURAI BATU

Serak akibat bulu muda ke jemur, bagaimana solusinya? bagaimana perawatannya? sekarang habis mabung, 

Jawab

1. hindari jemur diatas jam 10.00wib
2. kurangi intensitas gacor si burung (bikin dia jarang bunyi, dikerodong double, dan pasti jauhkan dari burung2 yg memancing keluarnya sifat fighter si MB,atau bisa digelapin,...kasi penerangan pas dia makan aja, dgn tujuan burung benar2 istirahat dan tidak memaksakan pita suara bekerja yg justru membuat rusak dalam kategori fatal).

3. hentikan ransum pakan voer, bisa diganti dengan full kroto.
4.berikan minuman bermineral tinggi (saya pribadi menggunakan larutan penyegar cap kaki tiga, atau air mineral - Aqua - lalu saya embunkan diluar rumah semalaman, keesokan harinya saya berikan)
5. berikan madu tiap 2 hari sekali (bisa lewat diolesi pada jangkrik atau di kroto dll)
6.perhatikan kebersihan kroto, jangkrik (kaki dan sayap, terutama sayap jangkrik yg baru ganti-warna putih- justru buat serak burung) dan jangan paksa diberi ulat hongkong sekalipun yang putih...apalagi dengan ulat kandang...jangan sekali2 diberikan disaat burung masih serak...
7. Cacing adalah alternatif utk EF saat burung serak.
8. kembalikan perawatan seperti semula jika dirasa burung sudah sembuh dari serak.
9. disaat sudah fit, alangkah baiknya kita ajarkan makan buah, tapi perlu kesabaran tinggi utk burng2 jenis MB...(tapi yang saya alami...semua burung saya sudah terlatih makan buah, termasuk 2 MB dan 3 kacer, karena sangat penting untuk menetralisir kandungan protein yg berlebihan apalagi disaat sesudah lomba, karena burung pasti kita genjot EF menjelang lomba, terlebih lagi buah sangat membantu pencernaan, apalagi pas burung kita serak).

::yhani::

1) Kenapa hindari jemur diatas jam 10? Karena panas yang kuat mengakibatkan pecahnya pita suara.
2) Saya pernah punya pengalaman MB saya yang serak, Dengan memakai larutan penyegar selama 1 minggu akhirnya sembuh.
3) Daun Saga (Untuk penjernih suara dan obat radang)Sekali pemberian dua tangkai daun.
4) Kencur (Penjernih suara dan penghangat tubuh)Sekali pemberian dua gelincir sebesar lada.(copjend)

Cara yang paling mudah....coba potong jahe seukuran kelingking lalu hancurkan. masuk kan ke air minumnya.Atau bisa juga dengan memberikan larutan penyegar Cap "Kaki tiga" atau sejenisnya.mudah2an berhasil...selamat mencoba

1 komentar:

  1. om mb saya juga sedang mengalami spt itu om, sudah hampir 2 minggu lebih suaranya ga keluar padahal mulutnya mangap2 seperti lagi bersuara tapi suaranya ga keluar, kretekan nya pun terdengar kecil sekali bahkan sampe ga kedengeran, apa masih bisa kembali suaranya om mengingat sudah 2 minggu lebih tapi belum sembuh? cara penyembuhan nya gmana ya om?

    BalasHapus