Jumat, 22 Juni 2012

LUKA PADA KAKI MB


Saya ada 2 ekor MB MH baru, tapi salah satunya rupanya ada sedikit luka pada kakinya sehingga dia sering angkat satu kaki. MB MH ini belum makan poer dan baru sekitar 1 minggu bersama saya. Makan jangkrik an kroto cukup lahap sih. 
Saya cuman ingin bertanya, bagaimana mengobati MB MH tanpa bikin dia stress. Sementara ini saya sudah campurkan air minumnya dengan Super N yang untuk obati luka. Saya ingin obati lukanya dengan obat luar. Mohon pencerahannya
lukanya karena luka atau karena bengkak om ?kalo ada luka terbuka,, campurin betadine dalam semprotan secukupnya,, lalu disemprot saja kakinya,, pasti kena kan ? pagi sore,, sampe kering.
kalo bengkak,,, boleh dicampur arak gosok atau utk darurat cukup air hangat + garam aja om,,, buat melancarkan peredaran darah,,,
jadi MB MH tsb gak usah ditangkap,,, ngurangin stress nya,,,moga-2 gak serius om...(tangkringan harap dijaga kebersihannya)
Ada cara yang paling sip daripada dikasih betadine. Kelamaan sembuhnya.Beli di toko obat china. Bilang beli " yunan baiyo" yang capsul. ambil 1 kapsul terus bubuknya di bobokan ke lukanya. Tiga hari pasti sembuh.
Osteoprosis pada MBTolong share ilmunya donk bagi rekan yg pernah mengalami atawa pernah tahu tentang osteoporosis pada MB. Karena MB saya yang gacor cor tau-tau lumpuh dan kaku seperti batu. Kesel banget nget nget nge....... t
Ceritanya gini nih ! 3 bulan yang lalu saya beli MB dalam kondisi mabung, kepala sampe leher botak, dada sebagian botak, ekor dan sayap kusam. Burung sudah tua di tadai sisik kakinya yg udah runcing & tebal. Alasan beli karena mentalnya oke & volumenya tebal. Mungkin karena proses nguraknya kurang sempurna baru setelah -/+ 2 bulan bulu sayap & ekor mulai lepas selama -/+ 1 minggu setiap hari 2-3 bulu. Saya fikir itu wajar karena bulu di kepala & badan sudah komplit dan rapi. Dua minggu yang lalu tau -tau MB saya lumpuh. Walau lumpuh makan masih rakus, bunyi juga masih rajin end tau-tau tadi pagi kaku jadi batu alias modar.
Tanya : MB saya mati karena memang sudah tua trus terserang osteoporosis atau karena salah perawatan ? (maklum pemula )
rawatan harian selama ngurak/mabung full kroto pagi/sore,jangkrik 4/4, ulat bambu/cilung 2/2, full krodong, pagi mandi keramba di angin-anginkan trus krodong lagi.
Menurut saya itu salah satu gejala kekurangan Vitamin B aja. Percaya atau tidak itu adalah hak anda. Coba waktu kejadian pertama anda baca baca atau sharing problem di KM, pasti banayak yang bantu.. tapi ini sebuah pelajaran,.. lain kali beli lagi dan jangan kapok... Pelihara MB mudah kok.Wah, mantaf pakar2 mb sdh coment..thanks ya bos sdh mau share pengalamannya.. Dari coment2 di atas sy bs menyimpulkan. 1. Terlalu lama tdk di jemur. 2. Karena kaki yg tebal. 3. Krn sdh tua. 4. Krn kurang giji. 5. Krn salah pemberian EF, misal krn kroto yg sdh basi. Dari smua kesimpulan di atas adalah kemungkinan2 burung jadi mati. Krn sy yakin 100% kalau burung lumpuh engga mungkin mati, jd mungkin jg si burung susah unt minum. Tapi yg msk akal adalah krn no 3, 4 & 5.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar